BPPM Equilibrium

Meneropong Masa Depan Bisnis: ESG dalam Annual Report Perusahaan

Oleh: Risma Nur Aftina/EQ
Editor : Ahmad Nurazky Ajri/EQ
Layout oleh: Rega Sandinata/EQ

Di balik grafik keuangan yang cemerlang dan angka-angka pertumbuhan yang menggiurkan, tersembunyi sebuah cerita yang lebih mendalam tentang bagaimana perusahaan menyelaraskan tanggung jawab sosial, lingkungan, dan tata kelola dalam setiap langkah strategisnya. Annual report perusahaan yang selama ini dianggap sebagai sekadar kumpulan angka dan informasi tentang kinerja perusahaan, kini mengalami transformasi mendasar berkat pengintegrasian faktor ESG.

ESG adalah singkatan dari Environmental, Social, and Governance, yang merujuk pada tiga aspek utama yang digunakan untuk mengevaluasi dan mengukur kinerja serta dampak sebuah perusahaan dalam hal tanggung jawab sosial, lingkungan, dan tata kelola. Faktor ESG telah menjadi salah satu fokus dalam dunia bisnis modern karena perusahaan semakin menyadari pentingnya mengintegrasikan pertimbangan sosial, lingkungan, dan tata kelola dalam strategi bisnis mereka.

Dalam Labirin Annual Report: ESG sebagai Misi dan Cerita

Dalam beberapa tahun terakhir, ESG (Environmental, Social, and Governance) telah meroket menjadi perbincangan utama di dunia bisnis. Tidak hanya sekadar tren, ESG telah merambah menjadi fondasi yang membentuk pola pikir dan praktik bisnis modern. ESG bukan lagi sekadar aspek eksternal yang hanya “baik untuk dilakukan”, tetapi ESG telah menjadi parameter yang menandai kematangan dan keberlanjutan suatu perusahaan dalam menghadapi kompleksitas tantangan global.

Terkait dengan hal ini, annual report perusahaan berfungsi sebagai jendela transparansi yang mengungkap sejauh mana suatu entitas bisnis mengadopsi ESG dalam strategi dan operasionalnya. Sudah jauh berlalu ketika annual report hanya sekadar berisi neraca keuangan dan laporan laba rugi.  ESG telah menjadi pijakan bagi perusahaan yang ingin berbicara lebih banyak tentang dampak mereka pada planet ini, masyarakat yang mereka layani, dan cara mereka mengelola bisnis mereka. Ini adalah tindakan transparansi yang krusial dalam mengidentifikasi risiko dan peluang, serta dalam meyakinkan investor tentang tanggung jawab perusahaan.

Pentingnya ESG yang Meresap Hingga ke Akar Bisnis

Konsep ESG telah membimbing banyak perusahaan untuk tidak hanya mencari keuntungan finansial semata, tetapi juga mempertimbangkan dampak lingkungan yang dihasilkan, tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di sekitar, serta tata kelola perusahaan yang etis. Tidak mengherankan jika kita melihat laporan-laporan ini menggambarkan rencana perusahaan dalam mengurangi jejak karbon, inisiatif sosial untuk pemberdayaan komunitas, serta komposisi dewan direksi yang beragam.

ESG dapat menjadi lompatan signifikan dalam cara pandang tentang keberlanjutan bisnis. Perusahaan bukan lagi hanya sekadar mesin penghasil keuntungan, melainkan entitas yang memiliki dampak sosial dan lingkungan yang tak bisa diabaikan. Melihat gambaran ini, para investor pun semakin sadar bahwa keberlanjutan perusahaan bukanlah opsi, melainkan prasyarat bagi investasi yang cerdas.

Kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi telah membuka mata investor terhadap praktik bisnis yang bertanggung jawab. ESG dalam annual report bukan sekadar pemandangan, tetapi pengaruh investasinya telah melampaui batas-batas transaksi. Perusahaan yang mempraktikkan ESG dengan konsisten akan menarik investasi sekaligus mengukuhkan fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang.

Penerapan ESG dengan baik dan transparan dapat meningkatkan efisiensi investasi dan kinerja keuangan perusahaan. Hal Ini dikarenakan pengungkapan ESG memberikan pandangan yang lebih jelas tentang peran perusahaan dalam mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan, masyarakat, dan tata kelola. Selain itu, pengungkapan ESG dapat memberikan keyakinan kepada investor bahwa perusahaan adalah mitra yang berkelanjutan dan beretika.

Melangkah ke Masa Depan dengan ESG

ESG tidak lagi hanya menjadi tren, tetapi menjadi elemen pokok dalam pemikiran bisnis modern. Di tengah kompleksitas ekonomi dan tantangan global, laporan tahunan perusahaan yang menjelaskan bagaimana ESG diterapkan dapat menjadi sumber inspirasi, panduan, dan bahkan pembuka dialog yang lebih luas tentang tujuan dan dampak perusahaan. 

ESG membuat perusahaan untuk mengambil tindakan konkret dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat. Dengan menerapkan praktik berkelanjutan, perusahaan dapat mengurangi polusi, emisi gas rumah kaca, dan merancang produk yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti udara yang lebih bersih, air yang lebih murni, dan alam yang lebih sehat bagi generasi mendatang.

ESG juga memberikan perhatian serius terhadap isu sosial, seperti keadilan sosial, keberlanjutan sosial, dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat tempat mereka beroperasi. Implementasi ESG dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap peluang ekonomi yang adil, pendidikan yang berkualitas, dan pelayanan kesehatan yang memadai. Hal ini dapat menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan berdaya saing.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ESG, perusahaan dapat membuktikan dampak positif dan nyata dalam upaya menjadi agen perubahan yang lebih baik di masyarakat. Semua pihak, termasuk perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, harus terus bekerja sama untuk memastikan bahwa ESG dapat menjadi pilar dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Referensi

Bukit Asam. (2023). Emisi Polusi Udara. PT Bukit Asam Tbk. Retrieved September 25, 2023, from https://www.ptba.co.id/esg/kinerja-lingkungan/emisi-polusi-udara

CRMSIndonesia. (2023). Peran Penting ESG dalam Investasi Berkelanjutan Perusahaan – CRMS. CRMS Indonesia. Retrieved September 02, 2023, from https://crmsindonesia.org/publications/peran-penting-esg-dalam-investasi-berkelanjutan-perusahaan/

Ellili, N. O. D. (2022, Februari 03). Impact of ESG disclosure and financial reporting quality on investment efficiency. Corporate Governance (Bingley), 22(5). https://doi.org/10.1108/CG-06-2021-0209

Hammami, A., & Zadeh, M. H. (2020, Januari 13). Audit quality, media coverage, environmental, social, and governance disclosure and firm investment efficiency Evidence from Canada. International Journal of Accounting and Information Management, 28(1), 45-72. Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/IJAIM-03-2019-0041

Iqbal, M. (2023, April 20). Pengungkapan Emisi Gas Rumah Kaca dan Manfaatnya bagi Perusahaan. LindungiHutan. Retrieved September 25, 2023, from https://lindungihutan.com/blog/pengungkapan-emisi-gas-rumah-kaca/

Rafianamaghfurin, Sarnisa, W. D., & Djasuli, M. (2022, November). Praktik Pengungkapan Informasi Environmental, Social And Governance (ESG) Dalam Penerapan GCG. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis (JEBS), Vol. 2 No. 3, 754-758. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i3.267

Rengganis, M. (2019, Oktober). Pengaruh Pengungkapan Environmental, Social, dan Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan di Indonesia. Diambil kembali dari Repository Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Retrieved September 02, 2023, from https://e-journal.uajy.ac.id/20317/

Pengunjung :
173

Solverwp- WordPress Theme and Plugin