BPPM Equilibrium

Youth Today: Pentingnya Leadership Skills untuk Masa Depan

Oleh: Dian Nur Jannah dan Zahra Dian

Leadership merupakan salah satu keahlian yang penting untuk masa depan mahasiswa.  Oleh karena itu, AIESEC Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan talk show Youth Today: Join Aiesec 2021 yang bertajuk “Alter Your Mindset, Seek Leader Inside” pada Minggu (29/08). Tujuan dari acara ini adalah untuk memahami pentingnya leadership bagi masa depan mahasiswa dan relevansinya terhadap dunia kerja. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meetings dengan menghadirkan dua pembicara yang berpengalaman di bidangnya, terutama mengenai leadership skills. Pembicara tersebut yaitu Giandino Alesi Acsa yang merupakan Asst. HRBP Manager and Corporate Employer Branding di Unilever dan Rio Kusuma selaku Regional Channel Development Manager di Multi Bintang.

Selama talk show berlangsung, Giandino atau yang sering disapa Ando, membagikan beberapa tips dan pengalamannya mengenai leadership. Ia mengatakan bahwa perjalanan karirnya bermula ketika bergabung di AIESEC hingga akhirnya menemukan passion di bidang Human Resource (HR). Selama proses tersebut, Ando mendapatkan pengalaman dan tantangan terus menerus secara bertahap sehingga ia bisa menemukan nilai-nilai yang ada pada dirinya. Ando percaya bahwa sebenarnya setiap orang pasti bisa dan pernah menjadi seorang pemimpin, contohnya di ruang lingkup yang paling kecil yaitu menjadi pemimpin untuk diri sendiri. 

Seorang pemimpin harus mampu mengelola kekuatan dan kelemahannya dengan baik sehingga dapat memberikan dampak di sekelilingnya. Selain itu, penetapan visi juga penting bagi seorang pemimpin agar jelas arah dan tujuannya, serta pencapaian apa saja yang ingin diraih. Ia juga memberikan tips untuk mahasiswa yang ingin mulai belajar tentang leadership, tetapi merasa bingung bagaimana melakukan langkah awalnya. Menurutnya, ada dua poin penting yang harus diperhatikan ketika belajar tentang leadership, yaitu jam terbang atau pengalaman dan kesadaran untuk terus belajar.

Bukan hanya Ando yang membagikan pengalamannya, Rio Kusuma, mantan Direktur Pengembangan Bisnis AIESEC UGM tahun 2016-2017 juga berkesempatan membagikan pengalamannya. Rio Kusuma atau yang akrab dipanggil Rio membagikan kisahnya tentang bagaimana AIESEC membantu mengasah leadership skills-nya saat duduk dibangku kuliah dahulu. Rio menceritakan bahwa melalui AIESEC ia berhasil mengembangkan kemampuan public speaking-nya sampai kemampuan memimpin sebuah tim. Baginya, skill leadership sangatlah penting untuk semua orang miliki. Ia pun mengungkapkan bahwa pemimpin yang baik harus diikuti dengan mental yang kuat dan keinginan selalu belajar dari lingkungan sekitarnya. Menurutnya juga, leadership adalah tentang sebuah proses yang tidak didapat secara instan. Leadership dapat diasah melalui proses menyelesaikan masalah dan memimpin sebuah tim dengan baik. Di akhir obrolan, ia juga memberikan tips bagi mahasiswa untuk mengembangkan skill leadership-nya antara lain dengan berinisiatif, memiliki komitmen, dan pantang menyerah.

Di akhir acara, terdapat sesi tanya jawab yang menarik antusiasme para peserta untuk bertanya lebih dalam lagi mengenai kemampuan leadership. Salah satu pertanyaannya yaitu tentang bagaimana cara berinovasi sebagai agent of change. Menurut para pembicara, cara yang tepat adalah melalui brainstorming dengan anggota tim tentang ide-ide yang perlu dikembangkan lagi. Dari awal acara berlangsung sampai penghujung acara, para peserta terlihat sangat bersemangat menyimak talkshow tersebut. Melihat antusiasme peserta yang tinggi selama acara berlangsung, rasanya talkshow AIESEC ini berhasil terselenggara dengan sukses dan mampu menarik minat peserta untuk mengembangkan leadership skill-nya jauh lebih dalam lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin