BPPM Equilibrium

Kembara Jagaddhita: Kilas Balik Gemerlap Talenta Gadjah Mada dalam Upacara Penutupan Porsenigama 2023

Penulis: Devin Nuranggaputra Ramadhani dan Nur Istiqomah/EQ
Editor : Rizal Farizi/EQ
Dokumentasi oleh: BPPM EQ

Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni Universitas Gadjah Mada (Porsenigama) 2023 dengan tema “Kembara Jagaddhita: Genggam Gemerlap Talenta Gadjah Mada”. Upacara penutupan di Lapangan Pancasila pada hari Sabtu, 25 November 2023 menjadi puncak rangkaian acara Porsenigama 2023. Penutupan ini mengundang seluruh komunitas akademis dan masyarakat untuk merasakan gemerlapnya talenta Kampus Kerakyatan. 

Acara diawali dengan “Time To Go”, perjalanan visual yang memukau berupa kilas balik kemeriahan kompetisi Porsenigama di layar panggung. Kemudian, light show berupa permainan cahaya lampu sorot menciptakan suasana magis di lapangan. Salah satu highlight acara adalah penampilan band pertama, Pemenang Tangkai Seni Band, yang memberikan suasana megah dan penuh persaudaraan. Penampilan band dilanjutkan dengan pembukaan oleh kedua pembawa acara, yaitu Sandy Raya Raditya dan Nyssa Rifdatul Azmi. Acara diteruskan dengan penyanyian Indonesia Raya dan Himne Gadjah Mada.

Kemudian, Koordinator Umum Porsenigama 2023, Muhammad Azzam Nasrullah, membacakan laporan yang menjadi evaluasi penting untuk kesuksesan acara. Lalu, Robertus Abdi Dharma Gani Satria, selaku Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa, memberikan sambutan. Ia menekankan peran Porsenigama dalam memperkuat solidaritas di antara mahasiswa. Tak luput, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Arie Sudjito, turut menyampaikan apresiasi dan komitmen UGM dalam mendukung pengembangan bakat dan kreativitas mahasiswa.

Sebagai bentuk nyata kreativitas mahasiswa, “Kelana Bhumi Jagaddhita: Babak Akhir” menampilkan tarian berkonsep unik, yaitu pertunjukan drama musikal tanpa dialog yang menyampaikan pesan melalui gerakan yang indah dan kompak. Di samping panggung utama, para peserta dapat berpetualang di Lapangan Pancasila dengan berbagai aktivitas di interactive corner. Interactive corner ini terdiri dari games, photo booth, melukis, merangkai bunga, dan tenant makanan. 

Interactive Corner Nur Istiqomah/EQ)

Setelah itu, apresiasi kontingen melibatkan perwakilan kontingen fakultas yang naik ke panggung. Mereka naik ke atas panggung dan menerima mahkota bunga serta kompas sebagai simbol apresiasi. Kemudian, susunan acara sampai pada pengumuman juara Porsenigama 2023. Para pembawa acara menyatakan bahwa Fakultas Teknik merupakan juara pertama, diikuti oleh Sekolah Vokasi dan Fakultas Pertanian.

Pengumuman juara suporter, yang dilakukan dengan anak panah menuju Grha Sabha Pramana, menunjukkan Garis Keras Vokasi (Garasi) sebagai juara. Prosesi pengambilan obor oleh tokoh representatif menandai penutupan resmi. Penayangan video dokumenter dan penampilan guest star, seperti Bravesboy dan Om Wawes, menambah kegembiraan penonton. Rangkaian acara pun ditutup oleh kedua pembawa acara. Penampilan Om Wawes dengan lagu “Dumes” menjadi puncak akhir dari Penutupan Porsenigama 2023. Penampilan tersebut memberikan kesan tak terlupakan bagi seluruh peserta dan penonton.

Pengunjung :
1766

Solverwp- WordPress Theme and Plugin