WartaEQ | Mengungkap Fakta Lewat Aksara

AIESEC Future Leaders 2023: Upgrade Yourself Through Personal Branding

Sebuah kolaborasi antara BPPM Equilibrium dan AIESEC UGM

Oleh: AIESEC UGM X BPPM EQ
Dokumentasi oleh: AIESEC UGM

Hey, AIESEC!

Sebagai bentuk dukungan untuk terwujudnya generasi muda yang berkualitas, AIESEC in UGM kembali menyelenggarakan program pembinaan kepemimpinan, yaitu AIESEC Future Leaders: Summer Peak 2023. Dimulai tanggal 31 Maret 2023, pelatihan atau bootcamp ini diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh pelajar SMA kelas 3 serta mahasiswa/i angkatan 2020-2022. Dengan mengusung tema “Upgrade Yourself Through Personal Branding”, bootcamp ini hadir untuk menggali potensi kepemimpinan pemuda dengan fokus pada pengembangan personal branding. Para peserta diajak untuk mengasah kemampuan mereka melalui berbagai sesi interaktif selama tiga bulan pelaksanaan dari bulan April hingga Juli. Kurikulum yang matang dan relevan dengan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini juga telah dirancang untuk mencapai tujuan tersebut. Terdapat beberapa sesi utama dalam program ini, yaitu Bi-weekly Session, Networking Space, Coaching Session, dan Activating Leadership Support.

Pada Bi-weekly Session, para peserta mendapatkan pembekalan materi setiap dua minggu sekali dari para pembicara yang kompeten di bidangnya. Dalam sesi ini, terdapat tiga topik utama yang diangkat setiap bulannya. Pada Bi-weekly Session bulan April, materi yang dibahas adalah “Expertise of Character Development“. Sub-topik pertama adalah “Growth Mindset is the Key to Success” yang disampaikan oleh Smita Dinakara, dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan spesialisasi pada psikologi remaja dan dewasa, serta memiliki fokus pengajaran dalam bidang pengembangan diri. Sub topik berikutnya adalah “Time Management: Maximize Your 24 Hours” oleh Deris Nagara (Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) & Presiden Pemerintahan Mahasiswa School of International and Public Affairs (SIPA)). Pengalamannya dalam mengatur kegiatan akademik dan non-akademik secara seimbang memberikan pengetahuan bagi peserta mengenai manajemen waktu yang efektif.

Keseruan Sesi Bi-weekly Session (©AIESEC UGM)

Materi Bi-weekly Session bulan Mei berfokus pada topik “Striving for Future Investment”. Sub-topik pertama adalah “You Say What? Please Communicate Effectively” oleh Danang Sadewa. Sesi ini mengajak peserta untuk mempelajari tips-tips dalam berkomunikasi dan pentingnya komunikasi yang efektif. “Enhance the Way We Think Through Analytical Skills” menjadi sub-topik selanjutnya yang dibawakan oleh Irawati Puteri (Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Mahasiswa Stanford University, dan Manajer Legal & Kebijakan GovTech Edu). Dalam sesi ini, peserta diajak untuk belajar menguasai, memahami, dan menerapkan kemampuan analisis dalam kehidupan sehari-hari.

Topik utama Bi-weekly Session bulan Juni adalah “Reaching Greater Heights, Knowing Our Way“. Pada dua minggu pertama, sub-topik yang dibahas adalah “Personal Branding: Know Your Own Persona” oleh Gezzah Al Banna selaku digital creator dan personal branding enthusiast. Melalui sesi ini, peserta mendapatkan pengetahuan tentang cara menyusun personal branding secara orisinal. Pada minggu berikutnya, peserta mendapatkan sesi LEAD dari Salsabila Zeta Zain, selaku Local Committee President (LCP) AIESEC in UGM 2023-2024. Sesi LEAD (Learn, Engage, Activate, dan Deliver) secara khusus dirancang untuk mendukung pengembangan kepemimpinan. Tujuan utama dari sesi LEAD kali ini adalah membantu peserta dalam merancang proyek akhir pengembangan diri sesuai dengan pengalaman yang dibagikan oleh para pembicara.

Maharani Putri Susilo sebagai salah satu peserta mengungkapkan pengalamannya yang luar biasa selama mengikuti AFL. Pengalaman itu memberinya kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang menginspirasi serta memiliki semangat untuk tumbuh dan berkembang bersama. Melalui interaksi dengan mereka, ia memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran. Baginya, AFL merupakan tempat yang ideal untuk mengembangkan soft skill dan memperluas jaringan dengan bertemu individu baru. Bagi mereka yang ingin mempunyai lingkungan positif untuk meningkatkan nilai diri, AFL adalah langkah yang tepat untuk memulai perjalanan tersebut.

Kegembiraan menjadi bagian dari AFL juga dirasakan oleh Laras Prameswari Putri Maharsi selaku Team Leader Program. Ia mengungkapkan bahwa menjadi bagian dari AIESEC Future Leaders merupakan sesuatu yang sangat istimewa baginya. Menjadi salah satu Organizing Committee (OC) dalam program ini memberikan kesempatan baginya untuk turut mendampingi pengembangan diri setiap peserta. Tidak hanya itu, ia juga memperoleh pengetahuan baru dan memiliki kesempatan berharga untuk menjalin hubungan dengan peserta lain. Kerja sama dalam tim yang penuh dengan dukungan dan berorientasi pada keunggulan kompetitif menjadi motivasi baginya untuk memberikan yang terbaik.

Pengunjung :
307

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin