BPPM Equilibrium

Pluang: “Investing Should be Fun

Oleh: Adella Wahyu Pradita, Bonifasius Kharisma Pascal Silalahi, dan Hasna Maritza Erumi/EQ
Editor: Dian Nur Jannah
Dokumentasi oleh: Adella Wahyu Pradita, Bonifasius Kharisma Pascal Silalahi, dan Hasna Maritza Erumi/EQ

Pada Sabtu, 11 Februari 2023 pukul 16.00 WIB, 180 Degrees Consulting (180DC) mengadakan acara kick-off yang merupakan salah satu acara rangkaian 180DC Asia Pacific (APAC) Summit Case Challenge 2023. Acara tersebut meliputi kunjungan perusahaan dari Pluang, platform investasi yang mudah dipahami. Acara yang diselenggarakan secara daring via Zoom ini bertajuk “Dive Deeper Into Pluang’s Financial Inclusion” yang diisi dengan pengenalan Pluang sebagai tempat untuk berinvestasi dan usahanya dalam meningkatkan literasi finansial untuk masyarakat. Dengan diadakannya kunjungan perusahaan ini, partisipan dapat mengetahui lebih lanjut tentang platform investasi Pluang sebagai kolaborator kasus resmi dari 180DC APAC Summit dan beberapa data mengenai literasi finansial masyarakat Indonesia sehingga dapat membantu partisipan pada saat lomba nanti.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari CEO 180DC APAC Summit, Rahmahita Puspamurti Patria. Kemudian, acara dilanjutkan dengan perkenalan pembicara, yaitu Gregorius Jonathan M. Tampubolon atau yang biasa disapa Greg, selaku Kepala Bidang Investasi dan Edukasi Finansial Pluang. Beliau menempuh pendidikan sarjana ekonomi di Universitas Gadjah Mada pada 2008-2010, kemudian melanjutkan gelar magisternya di Universitas Erasmus Rotterdam, Belanda. Selain menjadi founder dan co-founder saat ini, beliau pernah meniti karir sebagai Pengawas Pasar Modal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama delapan tahun.

Sesi berikutnya adalah presentasi yang dimulai dengan pemaparan visi dan misi Pluang. Bermula di Indonesia, misi Pluang adalah memberdayakan semua investor baru dengan menyediakan akses tanpa batas ke berbagai kelas aset melalui produk investasi mikro. Greg mengatakan bahwa saat ini masih banyak orang yang tidak benar-benar memahami produk yang telah mereka jadikan sumber investasi. Pluang hadir sebagai solusi untuk dapat mengedukasi masyarakat dalam memahami investasi secara menyeluruh. Beliau menekankan pentingnya pemahaman mekanisme, komposisi, dan risiko produk investasi itu sendiri. Greg percaya bahwa Pluang memiliki berbagai fitur yang dikemas dalam satu aplikasi yang akan memudahkan para investor pemula layaknya mahasiswa, dengan moto “investing should be fun”.

Kantor pusat Pluang terletak di DKI Jakarta, Indonesia. Akan tetapi, Pluang memiliki beberapa kantor di negara lain, seperti Singapura, India, dan Bangladesh. Dalam perjalanannya, Pluang telah berkolaborasi dengan berbagai partner, yaitu Gojek, Tokopedia, Bukalapak, ShopeePay, Dana, dan LinkAja. Selain itu, beberapa investor turut mewarnai perkembangan Pluang, seperti Go-Ventures, BRI Ventures, Openspace Ventures, UOB Venture Management, Square PEG, SG Ventures, The Chainsmokers, dan ACCEL.

Dalam mewujudkan komitmennya terhadap edukasi investasi, Pluang berupaya meningkatkan literasi masyarakat terkait finansial melalui berbagai program, antara lain Pluang Akademi, Pluang Daily IG Live, Pluang News, Pluang Talks Webinar, serta Pluang Crypto. Beberapa penghargaan juga telah diraih oleh Pluang, seperti halnya LinkedIn Top Startups 2022 Indonesia, Best Investment Superapp CNBC Award 2022, CB Insights’ Top 250 Fintechs, serta Inspirational Young Entrepreuner in the Digital Finance Sector in Tempo Young Entrepreuner Challenge 2022 yang diraih oleh Claudia Kolonas selaku pendiri sekaligus CEO Pluang.

Sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab yang dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan berbobot dari audiens. Pertanyaan seputar cryptocurrency, peran Pluang dalam peningkatkan literasi finansial, hingga tips menjadi bagian dari Pluang turut mewarnai sesi tanya jawab. Pembicara menjawab setiap pertanyaan dengan singkat dengan memberikan informasi-informasi penting. Setelah semua pertanyaan partisipan dijawab oleh pembicara, acara pun diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada Greg selaku pembicara dan dokumentasi oleh panitia acara.

Acara kick-off 180DC APAC Summit Case Challenge 2023 memberikan pemahaman bahwa investasi bukan menjadi sesuatu hal yang menakutkan. Platform investasi yang serba canggih dan lengkap seperti Pluang menjadi pilihan yang tepat untuk belajar sekaligus memulai untuk berinvestasi. Sebagai mahasiswa, pengetahuan akan literasi finansial dan kemampuan untuk berinvestasi adalah suatu hal yang harus dipupuk dan dipelajari sejak dini karena akan sangat berguna untuk kehidupan di masa mendatang. Warren Buffet yang merupakan salah satu investor tersukses Amerika menekankan pentingnya berinvestasi dengan berkata, “If you don’t find a way to make money while you sleep, you will work until you die”.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perkembangan acara 180DC APAC Summit Case Challenge 2023, pembaca dapat mengecek akun instagram mereka di @180dcapac.cc dan dapat pula mengikuti akun instagram @180dcugm untuk melihat info-info menarik seputar pengembangan diri dan persiapan karier.

Pengunjung :
358

Solverwp- WordPress Theme and Plugin