BPPM Equilibrium

Setelah Absen Dua Tahun, PPSMB UGM Kembali Digelar Luring

Oleh : Saffanah Calista, Dian Nur Jannah, dan Kefas Prajna

Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada (PPSMB UGM) kembali digelar secara luring setelah dua tahun dilaksanakan secara daring. Rangkaian PPSMB dibuka dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pada Senin (01/08) di Lapangan Pancasila. Sementara itu, simbolis penutupan PPSMB dilaksanakan pada Sabtu (06/08). Pada tahun ini, PPSMB mengusung tema “Bhakti Gadjah Mada Pilar Intelektual Nusantara” yang bermakna dorongan untuk membentuk Gadjah Mada Muda (Gamada) menjadi intelektual yang kritis guna memajukan negeri. 

Upacara penerimaan mahasiswa baru dibuka dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan laporan penerimaan mahasiswa baru dan mahasiswa berprestasi oleh Prof. Dr. Wening Udasmoro, S.S., M. Hum., DEA. selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan. Ia memaparkan bahwa pada penerimaan mahasiswa kali ini, UGM menerima 9.833 mahasiswa baru yang terdiri dari 8.215 mahasiswa program Sarjana dan 1.618 mahasiswa program Sarjana Terapan. Adapun mahasiswa termuda yang diterima oleh UGM tahun ini bernama Raja Muhammad Hayuri Islami dengan usia 15 tahun 11 bulan 11 hari yang diterima di Departemen Filsafat Fakultas Filsafat. Tak hanya itu, pada tahun ini, UGM juga menerima mahasiswa baru asal pulau terjauh bernama Yohanis Brando Yoppo asal Jayapura yang diterima di Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 

Acara pembukaan PPSMB kemudian dilanjutkan dengan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D. Upacara pembukaan diakhiri dengan peletakan kepingan puzzle “Pijar Bumantara” oleh Rektor UGM sebagai simbol dibukanya rangkaian PPSMB UGM 2022. Setelah itu, para Gamada langsung meninggalkan Lapangan Pancasila untuk mengikuti rangkaian PPSMB Universitas.

Pada tahun ini, rangkaian PPSMB berlangsung selama enam hari yang terdiri dari PPSMB Universitas, PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi, dan PPSMB Soft Skills. PPSMB Universitas diselenggarakan pada 1-2 Agustus 2022 dengan tujuan untuk memperkenalkan kepada Gamada tentang sejarah, filosofi, nilai-nilai, visi misi, sarana prasarana, dan prestasi universitas. Materi PPSMB Universitas juga memuat tentang pembentukan jiwa ke-UGM-an dan pengembangan karakter “Sang Juara” bagi mahasiswa baru. 

Pada hari berikutnya, yaitu tanggal 3-4 Agustus 2022, para mahasiswa baru mengikuti PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi. Mereka dikenalkan lebih dalam mengenai sejarah, filosofi, nilai-nilai, visi misi, serta berbagai peluang yang tersedia untuk pengembangan diri sebagai mahasiswa di lingkungan fakultas/sekolah vokasi. Pada dua hari terakhir, yaitu tanggal 5-6 Agustus 2022, diselenggarakan PPSMB Soft Skills sebagai bekal bagi para mahasiswa baru untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka. Dengan adanya PPSMB Soft Skills ini, mahasiswa baru diharapkan dapat beradaptasi, berpikir kritis, dan selalu meningkatkan kompetensi diri.

Setelah mengikuti rangkaian PPSMB selama enam hari, akhirnya tiba di acara puncak yang ditunggu-tunggu, yaitu simbolis penutupan PPSMB UGM 2022. Ribuan Gamada kembali berkumpul di Lapangan Pancasila untuk menghadiri acara simbolis penutupan PPSMB UGM 2022. Diawali dengan parade 46 unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang terdiri dari bidang kerohanian, bakat dan minat, keilmuan, dan lainnya, mereka mengelilingi para Gamada dengan kostum yang merepresentasikan identitasnya masing-masing. Sambutan hangat Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si, meneruskan acara simbolis penutupan yang dibawakan oleh Salsabila Indrya dan Syahrindra Restu selaku master of ceremony.

Pada simbolis penutupan PPSMB UGM kali ini, Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), yaitu H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P., ditunjuk untuk membawakan orasi yang bertemakan “Bhakti Diri untuk Negeri”. Terdapat satu momen mengharukan ketika Ganjar Pranowo memanggil mahasiswi berkebutuhan khusus yang berasal dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Selain berhasil diterima di kampus kerakyatan, ternyata mahasiswi tersebut merupakan seorang pembuat film. Ganjar Pranowo juga memanggil mahasiswi asal sekolah vokasi yang merupakan yatim piatu. Mereka dipuji dan diapresiasi oleh Ganjar Pranowo atas semangat yang mereka miliki. Tak hanya itu, Ganjar Pranowo juga memberikan sebuah laptop dan sepeda untuk menunjang perkuliahan kedua mahasiswa tersebut. Ganjar Pranowo berpesan bahwa kondisi lingkungan dan keterbatasan yang kita miliki jangan sampai membatasi impian kita. Ia menambahkan bahwa kunci sukses ialah rajin belajar, restu orang tua, dan doa. 

Setelah mengikuti rangkaian ppsmb selama enam hari, akhirnya tiba acara puncak yang ditunggu-tunggu, yaitu simbolis penutupan. Rektor UGM menutup acara simbolis penutupan dengan melepaskan kepingan puzzle “Pijar Bumantara” yang sekaligus menjadi tanda dimulainya kegiatan action plan bagi para Gamada. Setelah itu, ribuan Gamada membentuk formasi di Lapangan Pancasila dengan kipas dan caping yang mereka kenakan. Terdapat sebelas bentuk formasi yang dipertunjukkan, termasuk logo PPSMB UGM yang menggambarkan kepulauan Indonesia, keragaman budaya, dan karya seni Indonesia. 

Dengan selesainya simbolis penutupan, berakhir sudah rangkaian acara PPSMB UGM 2022 yang telah berjalan dengan lancar untuk pertama kalinya setelah hiatus selama dua tahun. Suasana di Lapangan Pancasila seketika menjadi haru, bahagia, dan bangga, mengingat para panitia yang dahulu melaksanakan PPSMB UGM secara daring mampu menyelenggarakan PPSMB UGM 2022 dengan sukses. Selamat atas lahirnya pilar-pilar intelektual muda bagi Nusantara!

Pengunjung :
88

Solverwp- WordPress Theme and Plugin