BPPM Equilibrium

Grand Concert Vol. 9 GMCO: Hidupi Hidup

Oleh: Merisa Anggraini

Gadjah Mada Chamber Orchestra (GMCO) Universitas Gadjah Mada kembali menggelar konser orkestra terbesar di UGM pada Sabtu (04/06). Pada 2022 ini, konser tersebut dilaksanakan secara luring yang bertempat di Taman Budaya Yogyakarta dan daring melalui Zoom Meetings. Grand Concert Vol. 9 mengangkat tema “Vivi La Vita” yang berarti hidupi hidup. Tema ini dipilih dengan tujuan ingin membawa penonton untuk mengapresiasi perjalanan dan peristiwa hidup yang telah ia lewati setiap harinya hingga hari ini. Penonton diajak untuk merasakan kelima emosi, yaitu senang, sedih, marah, takut, dan kecewa yang terjadi selama proses kehidupan melalui repertoar dalam format orkestra yang diiringi dengan nyanyian, paduan suara, serta tarian yang indah.

Acara ini dibuka dengan kata sambutan yang diberikan oleh Prof. dr. Adi Utarini M.Sc., MPH, Ph.D. selaku Guru Besar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan sekaligus Pembina GMCO. Ia menjelaskan bahwa tema yang dipilih ini menggambarkan makna dari kehidupan yang abadi. Melalui Grand Concert ini, penonton diajak untuk dapat menikmati, mensyukuri, dan mengambil hikmah dari kehidupan yang telah dijalani. Kata sambutan selanjutnya diberikan oleh Agatha Fabyan selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Rahmahita Puspamurti Patria selaku Project Manager.

Dalam Grand Concert Vol. 9 ini, GMCO dan pemain lainnya membawakan 12 lagu yang akan membawa penonton untuk menelusuri lima emosi manusia. Lagu pertama ialah “Medley Kisah Klasik” yang merupakan kumpulan lagu yang telah dibawakan pada Grand Concert Vol. 1 – 9. Lagu ini bertujuan untuk mengajak penonton untuk bernostalgia dengan Grand Concert sebelumnya. Selanjutnya, lagu kedua ialah “Pesan Terakhir” yang menceritakan tentang seseorang yang sedang mengalami cinta seorang diri. Kemudian, lagu ketiga ialah ”Merasa Indah” yang dipopulerkan oleh Tiara Andini dan mengisahkan tentang cinta yang tak terbalas.

Penampilan dilanjutkan dengan persembahan lagu “One Summer Day” yang menceritakan tentang perasaan takut dalam menghadapi proses beradaptasi. Lagu kelima ialah “You’re Gonna Live Forever In Me” yang mengisahkan tentang seorang laki – laki yang merelakan dirinya melihat perempuan yang disayang menikah dengan pria lain. Lagu selanjutnya ialah lagu “Broken Vow” yang menceritakan kesedihan seorang wanita yang ditinggal kekasih. Lagu – lagu selanjutnya yang ditampilkan ialah “Cinta Ini Membunuhku”, “Love In The Dark”, “Inspirasiku”, “Kaulah Segalanya”, “The Prayer Will Lead Us Lord”.

Lagu “Gemintang Hatiku” yang dipopulerkan oleh Tiara Andini menjadi penutup acara Grand Concert Vol. 9 ini. Konser ini berjalan sangat lancar serta mendapatkan banyak apresiasi dari penonton yang ditunjukkan dengan tepuk tangan yang sangat meriah. Selamat kepada GMCO dan semua pihak yang terlibat, tak sabar menanti pertunjukan suara-suara indah selanjutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin