BPPM Equilibrium

C-Talks 2022: Persiapan Mencapai Mimpi dan Karir yang Sukses

Oleh: Ahmad Nurazky Ajri dan Ummi Anifah

Ikatan Keluarga Mahasiswa Manajemen Universitas Gadjah Mada (Ikamma UGM) menyelenggarakan C-Talk 2022 pada Minggu (30/8) di Auditorium Gedung Magister Manajemen UGM (MM UGM) pukul 09.00-16.00 WIB. C-Talk merupakan salah satu rangkaian acara Career Insight (CI) yang bertujuan untuk mempersiapkan, baik mahasiswa maupun fresh graduate untuk meraih cita-cita dan karir yang gemilang setelah menempuh pendidikan tinggi. C-Talk 2022 mengangkat tema “An Essential Guide to Achieve Your Goal Career” dengan mengundang pembicara-pembicara kompeten dari kalangan alumni, perusahaan, dan influencer. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta sambutan oleh Arya Yudhistira sebagai CEO Career Insight 2022 dan Muhammad Riza sebagai Ketua Ikamma. Selain itu, juga terdapat sambutan dari Wakaprodi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Rangga Almahendra, Dr.,S.T.,M.M. 

Faik Fahmi, Direktur Utama Angkasa Pura I membuka sesi seminar dengan materi bertemakan “Potential Strategies and Achievements that Support Careers in the Workplace.” Sebelum memulai materi, Faik memutarkan video tentang perjalanan hidupnya. Ia bercerita bahwa kehidupannya semasa kuliah penuh dengan keprihatinan, bukan karena ia berasal dari kalangan yang tidak mampu, tetapi karena menurutnya keprihatinan yang dilakukannya akan memberikan kebahagiaan di masa depan. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa mentalnya yang kuat di dunia kerja terbentuk karena keprihatinan yang ia lakukan semasa kuliah. Faik juga membagikan dua hal yang diterapkannya ketika ingin menggapai sebuah cita-cita, yaitu keyakinan dan ketabahan, “meraih impian melalui keyakinan dan ketabahan,” ucapnya. Di akhir sesi pemaparan, ia membagikan sepuluh kunci sukses dalam berkarir, yaitu memiliki karir visi pribadi, kenali potensi diri, menjaga integritas, terus belajar dan mendengarkan dengan bijak, mengelola waktu dengan baik, memiliki kepercayaan diri, berani bicara, banyak inisiatif dan menjadi problem solver, jangan mudah mengeluh dan sabar, serta mengutamakan kepentingan yang lebih tinggi dan tidak mementingkan diri sendiri. Selanjutnya, terdapat sesi tanya jawab untuk dua orang penanya.

Acara kemudian dilanjutkan oleh pembicara kedua, Sandra Arnayati sebagai Assistant Manager II Perpajakan PT Pegadaian. Tema yang dibawakan oleh Sandra, yaitu “Develop Your ‘soft skills’ Proficiency to Compete in the Rivalrous Working World” yang membahas tentang Pegadaian serta materi tentang soft skills. Dalam penyampaian materinya, Sandra membahas mengenai kebutuhan-kebutuhan apa yang harus dimiliki fresh graduate untuk dapat bersaing di dunia kerja dan petunjuk pengembangan karir. “Pengembangan diri bisa melalui integritas dan loyalitas, open minded, networking, tantangan, serta doa. Investasi dalam ‘pengembangan diri’ tidak selalu berbentuk uang.” ujarnya. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua orang penanya, kemudian dilanjutkan dengan Ishoma. 

Setelah melaksanakan Ishoma, acara dimulai kembali pada pukul 12.30 dengan live performance serta dilanjutkan dengan pembicara ketiga, yaitu Adientya Nur Prihantara, HRBP Lead for Customer Development PT Unilever Indonesia. Adientya membawakan tema yang bertajuk “Success Kick to Pass Recruiter Selection: Selection Criteria and Process” yang mengulas tentang cara efektif untuk menghadapi proses rekrutmen bagi para pelamar. Adientya menjelaskan bahwa untuk lulus seleksi maka perlu memperhatikan tiga hal, yaitu mengenali diri dengan mencari mentor, menerima segala masukan dan menjaga sikap, serta memperbanyak pengalaman. Adientya juga menambahkan bahwa proses rekrutmen tidak didasarkan pada nilai, tetapi lebih disesuaikan dengan kemampuan serta kecocokan divisi yang dituju.

Vina Muliana, Professional BUMN MIND ID yang juga seorang content creator menjadi pembicara terakhir pada sesi seminar kali ini. Vina membawakan materi bertemakan “How to Make a Good and Proper CV Attractive in Recruiters’ Eyes”. Terdapat tiga poin penting yang disampaikan, yaitu persiapan memasuki dunia kerja, pembuatan CV, dan tips saat wawancara kerja. Vina menyampaikan bahwa 3C (clarity, competitiveness, connections) dan ikigai yaitu konsep mencari makna dalam kehidupan dengan tujuan hidup yang jelas, merupakan hal yang sangat penting saat menentukan dan mempersiapkan sebuah karir. Tak hanya itu, kompetensi profesional dan kemampuan membuat CV sesuai dengan pekerjaan yang dilamar merupakan hal penting saat melamar kerja. Tak cukup sampai disitu, 3P (prepare, practice, and presence) juga perlu dilakukan ketika melakukan wawancara kerja. Kemudian, Vina melanjutkan sesi seminar dengan melakukan koreksi CV yang sudah disiapkan oleh panitia dan ditutup dengan sesi tanya jawab.

Tak hanya seminar, C-Talks tahun ini juga terdapat Company Session dari Bank BTN dan Paragon Corp. Danan, perwakilan dari Bank BTN, menyampaikan beberapa hal terkait visi dan misi, career enhancement, serta talent scouting Bank BTN. Company Session kemudian dilanjutkan oleh Kayla Ashilla, Employer Branding Paragon Corp yang memaparkan terkait tujuan, rekrutmen, tahapan seleksi, dan program untuk karyawan baru dari Paragon Corp. Acara selanjutnya, yaitu games dan kuis berhadiah serta penyerahan hadiah dari PT Pegadaian bagi peserta terpilih yang telah mengisi kuesioner. Kemudian, foto bersama panitia dan peserta menjadi penutup acara C-Talks tahun ini. 

CEO Career Insight 2022, Arya Yudhistira, dalam wawancaranya dengan tim BPPM Equilibrium mengungkapkan bahwa tujuan utama Career Insight adalah untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada para mahasiswa dan fresh graduate dalam menghadapi tantangan karir kedepannya. “Jadi, tujuan utama CI adalah untuk membekali para mahasiswa, terutama fresh graduate untuk menghadapi tantangan karir masa depan melalui para pembicara yang handal di bidangnya masing-masing,” ungkap Arya. Ia juga berharap agar CI tahun depan dapat berjalan lebih bagus dari tahun ini dengan mendatangkan pembicara-pembicara yang kompeten serta membawa wawasan baru bagi para pesertanya. “Harapan untuk CI kedepan, CI lebih bagus, membawa speaker yang handal, dan tentunya bisa lebih bermanfaat bagi peserta dan semuanya.” pungkasnya. C-Talks tentunya telah membawa kesan baik bagi para pesertanya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, C-Talk tahun depan akan menjadi salah satu agenda menarik untuk dihadiri sebagai bekal menghadapi masa depan.

Pengunjung :
76

Solverwp- WordPress Theme and Plugin